Skills to Succeed

Program pengembangan diri Pemuda dan Pemuda Disabilitas

Save the Children Indonesia bersama mitra mendampingi anak remaja dan orang muda disabilitas di Indonesia untuk mendapatkan akses kesiapan kerja melalui Program Skills to Succeed. Mereka mengikuti beberapa kegiatan program, seperti pelatihan pra-kerja di sekolah dan magang langsung di tempat kerja.

Beberapa diantara mereka yaitu, orang muda bernama *Mia (21), orang muda dengan hambatan pendengaran yang berbicara dengannya perlu menguasai bahasa isyarat. *Mia mendapat kesempatan magang di Warung Makan Tangek, Jawa Barat.


*Mia melayani konsumen dengan baik, dan belajar kembali di rumah agar kualitas pelayanan di tempatnya magang bisa terus mengalami peningkatan. Awalnya dia merasa takut, malu dan tidak ingin merepotkan orang lain. Di luar dugaan, rekan-rekan kerja dan pemilik rumah makan mendukung dan memberi semangat.

"Saya mengurangi minta uang ke bapak atau mamak, saya kerja magang sekaligus mengumpulkan uang. Harus semangat, jangan takut!" pungkas *Mia. Kini, tidak ada lagi rasa takut dan cemas dari ekspresinya. Dia paham bahwa pekerjaan seperti itu membutuhkan proses untuk membiasakan diri.

Pada sisi lain terdapat orang muda bernama *Lita, orang muda dengan hambatan pengeliatan yang mendapatkan bimbingan Save the Children untuk menghadapi dunia perkuliahan. Awalnya *Lita merasa takut tidak bisa beradaptasi dan stress saat mengerjakan tugas perkuliahan.


Namun, hal itu dapat teratasi setelah dirinya merasa manfaat pembelajaran yang didapatkan adalah mengelola stress dan mengolah emosi, sehingga jadi lebih percaya diri dan bisa beradaptasi dengan lingkungan baru. Kini, *Lita bisa menjadi murid berprestasi dengan menjuarai fashion show di tempat kuliah dan ingin bisa mengembangkan diri lagi kedepannya.

"Pas aku kuliah, aku jadi percaya diri untuk speak up dengan banyak orang. Aku mengerjakan tugas kuliah juga tidak stress. Semua berkat program Skills to Succeed dari Save the Children." - *Lita, teman netra.

Bantu para pemuda disabilitas lainnya untuk meraih mimpi dan menjadi lebih produktif dengan program pelatihan kemandirian bersama Save the Children!


*Bantuan yang terkumpul juga akan disalurkan ke program-program anak lainnya.

Sumber data :

Kisah Via dan Dilla

Orang muda disabilitas menghadapi dunia kerja